ASSALAMUALAIKUM...

Sabtu, 11 April 2015

Perancangan Sistem Informasi Penjualan Handphone pada toko As-tians cell



BAB I
PENDAHULUAN



1.1.       Latar Belakang

            Teknologi informasi telah menghantarkan manusia pada satu tingkat peradaban baru, peradaban masyarakat informasi. Salah satu  hasil dari teknologi yaitu Telepon. Dari terciptanya telepon sebagai alat komunikasi jarak jauh dan terciptanya jaringan Internet secara global ini akhirnya mampu memicu terciptanya suatu alat komunikasi yang mempunyai jangkauan  luas, ringan dan menawarkan berbagai ragam kemudahan. Dalam hal ini disebut sebagai HandPhone atau MobilePhone atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan Telepon Genggam.
            Di Indonesia sendiri saat ini telah terdapat beragam Provider atau perusahaan penyedia layanan jaringan telepon, khususnya telepon genggam. Dengan hadirnya penyedia layanan telpon ini akhirnya memicu meningkatnya permintaan akan telepon genggam, sehingga akhirnya pihak pembuat telepon itu sendiri berminat untuk menghadirkan berbagai merk, tipe dan pelayanan dari produk mereka. Dengan terjadinya proses ini akhirnya jumlah, bentuk dan merk dari telepon di Indonesia meningkat tajam.
1
            Terbentuknya suasana teknologi seperti digambarkan diatas, akhirnya menarik minat penulis untuk mengangkat hal ini kedalam sebuah karya tulis yang akan dijadikan sebagai Kuliah Kerja Praktek penulis. KKP yang disusun ini diberi judul “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Handphone pada toko As-tians cell”.  Berdasarkan judul yang diangkat, maka karya tulis ini akan disertai dengan sebuah aplikasi Sistem informasi yang mampu membantu masyarakat dalam memilih dan menentukan tipe handphone yang mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan mereka.
            Maka hadirnya system Perdagangan on-line berbasis web tumbuh begitu cepat tanpa mengabaikan banyaknya alternatif pembelian lain bagi bisnis dan konsumen.
Semua dasar Penjualan ini menghadirkan peluang bagi sistem untuk melayani pelanggan dengan lebih baik, menghantarkan nilai yang lebih tinggi, ketika semuanya memuaskan, maka dijamin system ini akan mencapai kesuksesan dan menguntungkan

1.2.       Pokok Masalah

            Pokok permasalahan kenapa mengangkat masalah handphone ini, karena handphone merupakan salah satu dari bentuk teknologi yang sedang digemari saat ini. Sehingga dengan demikian diharapkan sistem informasi ini dapat digunakan dengan semaksimal mungkin dalam membantu masyarakat dalam mencari dan mengetahui informasi perkembangan handphone yang sedang beredar di pasaran atau As-tians cell, baik itu dari segi kualitas, baterai, bentuk dan fasilitasnya

1.2.1.      Rumusan Masalah

            Berdasarkan permasalahan diatas, maka perumusan masalah yang dapat diambil dalam sistem ini adalah :
  1. Bagaimana membuat Sistem yang membantu memasarkan produk yang ada disana Berdasarkan jenis, dan merk dari setiap spesifikasi produk dengan disertai harga dan gambar ?
  2. Bagaimana membuat sistem yang membantu para pengguna dalam mencari informasi harga dan produk handphone melalui media on-line ?
  3. Bagaimana membuat sistem transaksi yang efektif dan efesien sehingga mempermudah dan mempercepat konsumen dalam membeli produk handphone di rumahnya tanpa harus datang ke toko-toko handphone ?

1.2.2.      Batasan Masalah

Kegiatan yang ada  pada Toko As-tians cell ini sangat kompleks, sehingga dalam penulisan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini hanya membatasi pada sub bidang kegiatan memasarkan handphone pada seluruh masyarakat khususnya daerah tanggerang selatan.
Sehubungan dengan permasalahan tersebut di atas, maka dapat disusun suatu sistem yang sesuai dengan  batasan sebagai berikut :
1.           informasi lengkap mengenai handphone dan fasilitas yang dimiliki, serta perkiraan harga pasar, baik harga baru, bekas dan ukurannya.
2.           Perancangan sistem ini, pembuatannya dengan menggunakan usecase diagram, class diagram, sequence diagram, activity diagram dengan menggunakan UML (Unified Modelling Language)
3.           Informasi mengenai merk handphone. menggunakan PHP (Pretext Hyper Processer), dan database menggunakan MySQL.
4.           Sistem Pembayaran menggunakan cash on delivery, setoran tunai dan transfer rekening bank.
5.           Sistem kemanan website meliputi penggunaan password dan penggunaan session pada tiap halaman website.

1.3.       Tujuan dan Manfaat Penelitian

Untuk mencapai tujuan dan manfaat penelitian dalam perancangan sistem Penjualan pada Toko As-tians Cell dapat diuraikan sebagai berikut.

1.3.1.      Tujuan Penelitian

Tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah untuk membantu mengatasi permasalahan dalam proses pengolahan sistem Penjualan Handphone di As-tians cell, sehingga diharapkan dengan bantuan komputer dapat mempermudah seseorang untuk dapat melihat atau membeli Handpone yang disukainya melalui internet, selain itu juga akan membantu pihak As-tians cell dalam mempromosikan produk-produk Handphone yang dimilikinya.

1.3.2.      Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan dari penyusunan kerja praktek ini adalah sebagai berikut:
a.         Bagi Penulis
1.    Menambah pengetahuan dan wawasan bagi penulis tentang ilmu programming, teknologi informasi dan hal-hal yang berkaitan dengan metodologi penulisan ini, khususnya dalam hal pembuatan dan pengembangan program aplikasi sistem informasi.
2.    Untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh selama berjual handphone di toko.
3.    Membuat dan menghasilkan sistem yang bermanfaat bagi toko As-tians cell
b.         Bagi pihak pengguna
1.        Memudahkan pengguna dalam hal pencarian informasi mengenai harga dan produk handphone yang di perlukan.
2.        Menambah wawasan dalam ilmu komputerisasi dalam arti aplikasi yang dibuat bisa memberikan solusi yang tepat.
c.            Bagi Toko As-tians cell.
1.        Membantu petugas toko dalam hal mempublikasikan produk-produk handphone yang ada.
2.        Membantu mempublikasikan/memperkenalkan tentang toko As-tians cell kepada masyarakat khususnya daerah bintaro tanggerang selatan.

1.4.       Metode Pengumpulan Data

a)      Metode Observasi
Penulis melakukan kerja praktek di Toko As-tians cell untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penyusunan laporan dengan pengamatan langsung dilapangan.
b)      Metode Wawancara
Penulis melakukan proses Tanya jawab kepada pemilik Toko, dimana obyek penelitian dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat.
c)      Metode Pustaka
Metode ini ditujukan untuk memperoleh referensi yang mendukung kearah penyelesaian dari permasalahan yang ada dan untuk mempelajari langkah-langkah pembuatan keseluruhan karya tulis secara baik.
d)     Metode Waterfall
Metode waterfall merupakan metode yang sering digunakan oleh penganalisa sistem pada umumnya. Inti dari metode waterfall adalah pengerjaan dari suatu sistem dilakukan secara berurutan atau secara linear. Jadi jika langkah ke-1 belum dikerjakan, maka langkah 2 tidak dapat dikerjakan. Jika langkah ke-2 belum dikerjakan maka langkah ke-3 juga tidak dapat dikerjakan, begitu seterusnya. Secara otomatis langkah ke-3 akan bisa dilakukan jika langkah ke-1 dan ke-2 sudah dilakukan.


Secara garis besar metode waterfall mempunyai langkah-langkah sebagai berikut : Analisa, Desain, Penulisan, Pengujian dan Penerapan


1.5.       Sistematika Penulisan

Sistematika dalam penulisan Kuliah Kerja Praktek (KKP) “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko As-tians cell Menggunakan PHP dan MySQL” adalah sebagai berikut :
BAB I    PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, tujuan penulisan karya tulis, metode pengumpulan  data dan sistematika penulisan karya tulis.
BAB II   LANDASAN TEORI
Dalam bab ini menjelaskan tentang teori-teori PHP, MYSQL, HTML,  dremweaver, XMPP, UML, pengertian Penjualan, World Wide Web, Sistem Informasi serta teori-teori lain yang digunakan untuk mendukung penganalisaan dan perancangan sistem.
BAB III   ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini akan dibahas masalah analisa dan perancangan sistem yang dibuat, mulai dari pembuatan diagram use case, diagram class sistem, sequence dan aktivity, penjelasan sistem serta perancangan berkas yang dibutuhkan, perancangan keluaran dan sejarah profil As-tians cell.
BAB IV PENUTUP
Dalam bab penutup ini  berisi tentang kesimpulan dan saran yang ada kaitanya dengan “Sistem  Informasi Penjualan Handphone Pada As-tians cell”.

1 komentar: