BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan zaman,
teknologi informasi semakin berkembang sangat pesat. Banyak sekali peralatan
elektronik yang mendukung kegiatan manusia sehari-hari. Saat ini komputer
sangat dibutuhkan oleh setiap kalangan baik pelajar, mahasiswa dan juga
kalangan pengusaha. Peranan komputer sangat penting dalam meminimalisir masalah
atau kesalahan yang muncul dalam penyajian informasi maka pengelolaan data yang
lebih akurat dengan tuntutan pekerjaan yang lebih cepat. Perkembangan teknologi
komputer dalam segi software (perangkat lunak) telah berkembang pesat Salah
satu peranan komputer adalah sebagai sarana untuk menghasilkan informasi yang
akurat dan cepat.
Meningkatnya jumlah penduduk secara
langsung juga berdampak meningkatnya kebutuhan hidup masyarakat. fenomena
inilah yang memicu tumbuhnya ide bisnis penyedia kebutuhan masyarakat dalam bentuk usaha retail. Karena komoditas
jual usaha retail berupa barang yang sangat konsumtif, tidak terbantahkan bila
bisnis ini bermunculan di koperasi, toko, minimarket, dan sejenisnya di
berbagai daerah, baik perkotaan maupun pelosok pedesaan.
Sebuah koperasi toko mini PP
Sumurnangka yang terletak di kecamatan Modung bangkalan ini menjual berbagai
jenis barang yang beraneka ragam, mulai dari produk-produk kosmetik, makanan
ringan dan minuman kaleng, aksesoris-aksesoris, sembako, peralatan rumah tangga serta kebutuhan
keseharian lainnya. Sampai sekarang koperasi toko mini ini sudah memiliki
pelanggan yang sangat banyak, letaknya yang berada di kalangan santri pondok
pesantren sumurnangkah dan dekat dari
pemukiman masyarakat juga menjadi faktor yang menguntungkan. akan tetapi saat
ini kebanyakan pengolahan data pada minimarket masih secara manual, pengolahan
data secara manual ini tentu saja masih memiliki kelemahan seperti membutuhkan
waktu yang lama ketika melakukan transaksi penjualan, pencarian data harga
barang, dan juga penyajian laporan sehingga tidak efisien dalam menggunakan
waktu. Kesalahan yang sering terjadi ketika dalam mengolah data, dimana hal ini
sangat sulit untuk di atasi. Sehingga mendorong penulis untuk menganalisis
system transaksi penjualan pada minimarket guna untuk meningkatkan kinerja
dalam pemprosesan data agar lebih cepat dan akurat
Mengingat kebutuhan perangkat lunak
ritail yang begitu besar inilah yang menelatarbelakangi penulis memanfaatkan
teknologi komputerisasi terutama dalam pengolahan data penjualan, dan mencoba
melakukan penelitian dan membahas dalam bentuk skripsi dengan judul “Perancangan Sistem Informasi transaksi
penjualan dan pembelian Di Toko
minimarket PP Sumurnagkah Menggunakan PHP Dan Mysql”.
1.2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan hasil penelitian dan
pengamatan yang penulis lakukan pada Mini Market PP Sumurnangkah, dapat
diidentifikasikan beberapa masalah sebagai berikut :
a. Proses
pelayanan administrasi serta pembuatan laporan membutuhkan waktu yang lama.
b. Proses
pelayanan transaksi sangat lambat sehingga membutuhkan waktu yang lama.
c. Informasi
yang diperoleh tidak selalu akurat, karena semua data masih berbentuk hard
document.
1.3. Ruang Lingkup Masalah
Adapun yang menjadi ruang lingkup
dalam masalah ini adalah sebagai berikut:
1. Pencatatan
transaksi yang masih manual
2. Sistem
yang ada kurang mampu mengatasi pertambahan data barang dan jenis barang.
3. Pembuatan
laporan membutuhkan waktu untuk merekap data transaksi penjualan maupun
pembelian agar bisa menjadi laporan yang utuh.
1.4. Rumusan Masalah
Setelah penulis menjelaskan latar
belakang, identifikasi dan ruang lingkup masalah maka, rumusan masalah adalah
sebagai berikut :
1. Bagaimana
merancang sebuah aplikasi penjualan yang dapat memberikan kemudahan bagi para
pegawai pada toko minimarket PP Sumurnangkah ?
2. Bagaimana
cara membuat sistem informasi pencarian dan penginputan data tanpa harus membutuhkan
waktu yang lama ?
3. Bagaimana
cara mengolah data dan laporan secara efisien tanpa ada kesalahan ?
1.5. Batasan Masalah
Batasan masalah dari proyek akhir
ini adalah :
1. Perancangan
sistem informasi berbasis Aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP
dan MySQL sebagai databasenya.
2. Otorisasi
penggunaan sistem hanya untuk karyawan yang mengelola keseluruhan data barang.
3. Pengelolahan
data barang meliputi simpan, ubah dan hapus data barang, data stok barang, data
member dan harga barang.
4. Sistem
hanya menyediakan informasi data barang, stok, harga, dan meliputi hasil
perhitungan transaksi penjualan atau pembelian.
5. Hasil
dari masing-masing transaksi bisa di lihat dan di cetak pada laporan sistem.
1.6. Manfaat Penulisan
Manfaat dari penelitian ini
diharapkan berguna bagi :
Bagi
Penulis
1. Peneliti,
agar dapat menambah ilmu yang didapat selama kuliah dan dapat diterapkan pada
perusahaan
2. Dapat
bermanfaat dalam ilmu komputerisasi dalam arti aplikasi yang dibuat bisa
memberikan solusi yang tepat.
Bagi
karyawan toko
1.
Memudahkan karyawan dalam hal pencarian
informasi mengenai stok barang dan harga produk-produk yang di perlukan.
2.
Memudahkan Karyawan dan Pimpinan Minimarket,
dengan menampilkan seluruh laporan transaksi-transaksi dengan
cepat dan akurat.
3.
Memudahkan kasir, dengan adanya aplikasi
sistem ini kasir akan lebih mudah dalam melakukan transaksi penjualan.
1.7. Tujuan penulisan
Tujuan dari penulisan proyek akhir
ini di antaranya:
1. Membantu
melancarkan jalannya operasional karyawan dalam melakukan transaksi penjualan
2. Mempermudah
melakukan pendataan barang di minimarket secara tepat waktu dan akurat
3. Untuk
menghindari kesalahan dalam pendataan barang di minimarket
1.8. Metode Pengumpulan Data
a. Metode
Observasi
Studi
ini dilakukan untuk melihat dan mengamati langsung proses transaksi mengenai
tatacara dan aturan terkait penjulan.
b. Metode
Wawancara
Penulis
melakukan proses Tanya jawab kepada pemilik Toko, dimana obyek penelitian
dilakukan untuk mengetahui alur program yang diperlukan pada sistem
informasi penjualan dengan mendapatkan
data yang akurat.
c. Metode
Pustaka
Metode
ini ditujukan untuk memperoleh referensi yang mendukung kearah penyelesaian
dari permasalahan yang ada dan untuk mempelajari langkah-langkah pembuatan
keseluruhan karya tulis secara baik.
d. Metode
Waterfall
Metode
waterfall merupakan metode yang sering digunakan oleh penganalisa sistem pada
umumnya. Inti dari metode waterfall adalah pengerjaan dari suatu sistem
dilakukan secara berurutan atau secara linear. Jadi jika langkah ke-1 belum
dikerjakan, maka langkah 2 tidak dapat dikerjakan. Jika langkah ke-2 belum
dikerjakan maka langkah ke-3 juga tidak dapat dikerjakan, begitu seterusnya.
Secara otomatis langkah ke-3 akan bisa dilakukan jika langkah ke-1 dan ke-2
sudah dilakukan.

Gambar
1.1 Metode Waterfall
Secara
garis besar metode waterfall mempunyai langkah-langkah sebagai berikut :
Analisa, Desain, Penulisan, Pengujian dan Penerapan
1.9. Sistematika Penulisan
Penulisan
akan menjelaskan sistematika dari penyusunan TA (Tugas Akhir) yang terdiri dari
beberapa bab, yaitu :
BAB
I PENDAHULUAN
Membahas
mengenai tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah, ruang lingkup
masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat
penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB
II LANDASAN TEORI
Dalam
bab ini menjelaskan tentang referensi dan teori-teori yang mendukung dalam
perancangan sistem informasi.
BAB
III ANALISA SISTEM BERJALAN
Membahas
mengenai profil, struktul organisasi, tugas wewenang dan hasil penelitian dari sistem
yang berjalan saat ini di Toko PP sumurnangka diantaranya Use Case Diagram,
Activity Diagram, Permasalaan dan User Requirment.
BAB
IV PERANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
Membahas
tentang perancangan sistem yang diusulkan meliputi usulan prosedur baru,
metodelogi pemodelan meliputi usecase diagram, class diagram, sequence diagram,
activity diagram, dan implementasi sistem yang diusulkan
BAB V PENUTUP
Berisi
tentang kesimpulan dan saran dari perancangan sistem informasi transaksi
penjualan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar