BAB II
LANDASAN TEORI
2.1. Konsep Perancangan Sistem
Menurut Jogiyanto (1999,
197), dikutip dalam (Noerlina, Gautama, & Bambang, 2007), tahap perancangan sistem mempunyai
dua maksud atau tujuan utama, yaitu sebagai berikut :
1.
Untuk
memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem.
2.
Untuk
memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada pemrogram
komputer dan ahli-ahli teknik lainnya yang terlibat.
2.2. Konsep Perancangan UML
Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah bahasa yang telah
menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan
mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk
merancang model sebuah sistem. (Sugiarti, 2013)
|
a.
Menggunakan
batasan sistem dan fungsi-fungsi sistem secara umum, dibuat dengan use case dan aktor.
b.
Menggambarkan
kegiatan atau proses bisnis yang dilaksanakan secara umum, dibuat dengan
interaction diagram.
c.
Menggambarkan
representasi struktur statik sebuah sistem dalam bentuk class diagram.
d.
Membuat
model behavior yang menggambarkan
kebiasaan atau sifat sebuah sistem dengan state
transition diagram.
e.
Menyatakan
arsitektur implementasi fisik menggunakan komponen dan development diagram.
f.
Menyampaikan
atau memperluas fungsionality dengan stereotypes.
Use
case merupakan
pemodelah untuk menggambarkan kelakuan (behavior)
sistem yang dibuat. Diagram Use Case mendeskripsikan
sebuah interaksi antara satu atau lebih aktor dengan sistem yang akan dibuat,
berikut adalah simbol-simbol yang ada pada Use
Case Diagram :
Simbol
|
Deskripsi
|
|||||
![]()
|
fungsionalitas yang disediakan
sistem sebagai unit-unit yang saling bertukar pesan antar unit dan aktor;
biasanya dinyatakan dengan menggunakan kata kerja di awal frase nama use case
|
|||||
|
orang, proses, atau sistem lain yang
berinteraksi dengan sistem informasi yang akan dibuat di luar sistem
informasi yang akan dibuat itu sendiri, jadi walaupun simbol dari aktor
adalah gambar orang, tapi aktor belum tentu merupakan orang; biasanya
dinyatakan menggunakan kata benda di awal frase nama aktor
|
|||||
|
komunikasi antara aktor dan use case
yang berpartisipasi pada use case atau use case memiliki interaksi dengan
aktor
|
|||||
![]()
|
![]() ![]() ![]() |
|||||
![]()
|
![]() ![]() ![]()
|
Diagram
kelas atau Class Diagram menggambarkan
struktur sistem dari segi pendefinisian kelas-kelas yang akan dibuat untuk
membangun sistem. Kelas memiliki apa yang disebut attribut metode atau operasi
:
a).
Attribut
merupakan variabel-variabel yang dimiliki oleh suatu kelas.
b).
Attribut
mendeskripsikan properti dengan sebaris teks didalam kotak kelas tersebut.
c).
Operasi
atau metode adalah fungsi-fungsi yang dimiliki oleh suatu kelas.
Berikut ini adalah simbol-simbol
yang ada pada Class Diagram :
Simbol
|
Deskripsi
|
|||||||||
|
Package
merupakan sebuah bungkusan dari satu atau lebih kelas
|
|||||||||
|
Kelas
pada struktur sistem
|
|||||||||
|
sama
dengan konsep interface dalam pemrograman berorientasi objek
|
|||||||||
|
relasi
antar kelas dengan makna umum, asosiasi biasanya juga disertai dengan
multiplicity
|
|||||||||
|
relasi
antar kelas dengan makna kelas yang satu digunakan oleh kelas yang lain,
asosiasi biasanya juga disertai dengan multiplicity
|
|||||||||
|
relasi
antar kelas dengan makna generalisasi-spesialisasi (umum-khusus)
|
|||||||||
|
relasi
antar kelas dengan makna kebergantungan antar kelas
|
|||||||||
|
relasi
antar kelas dengan makna semua-bagian (whole-part)
|
2.3. Konsep Basis Data
Komponen dasar sistem basis data terdapat 4 komponen pokok
sistem basis data, yaitu :
1.
Data
Yaitu suatu data dalam basis data
yang merupakan kumpulan dari berbagai file dari aplikasi berbeda yang disusun
dengan cara menghilangkan bagian-bagian yang rangkap dan masing masing bagian
dari basis data dapat di akases oleh pemakai dalam waktu yang bersamaan untuk
aplikasi yang berbeda.
2.
Hardware
Terdiri
dari semua peralatan komputer yang digunakan untuk mengelola sistem basis data.
3.
Software
Yaitu perantara atau interface antara pemakai dengan data
fisik pada basis data.
4.
User
atau pemakai
Data Base Management System (DBMS) merupakan kumpulan file yang saling
berkaitan bersama dengan program untuk pengelolaannya. Database merupakan
kumpulan datanya, sedang program pengelolaannya berdiri sendiri dalam satu
paket program yang berfungsi untuk membaca data, mengisi data, menghapus data
serta melaporkan data dalam database, (Yunaestri & Sukadi, 2012).
2.4. Teori Sistem Informasi
Terdapat dua kelompok pendekatan dalam mendefinisikan
sistem, yaitu yang menekankan pada prosedurnya dan yang menekankan pada
komponen atau elemennya. Sistem dapat diartikan sebaga kumpulan dari beberapa
komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya membentuk satu
kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu menurut Yogianto (2009, 34), dikutip
dalam (Mustikowati, Purnama, & Sukadi, 2012).
Menurut Bonnie Soeherman dan Marion Pinontoan (2008, 5),
dalam (Mustikowati,
Purnama, & Sukadi, 2012) mengatakan
bahwa sistem informasi merupakan serangkaian komponen berupa manusia, prosedur,
data, dan teknologi (seperti komputer) yang digunakan untuk melakukan sebuah
proses untuk pengambilan keputusan guna penunjang keberhasilan bagi setiap
organisasi (dalam pencapaian tujuan).
2.5. Koperasi
Koperasi
adalah gerakan yang terorganisasi yang di dorong oleh cita-cita rakyat mencapai
masyarakat yang maju, adil dan makmur seperti yang diamati oleh UUD 1945
Khususnya pasal 33 ayat (1) yang menyatakan bahwa: “Perekonomian disusun
sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan”. Dan “Bangun
perusahaan yang sesuai dengan itu ialah koperasi”. (Sari, 2014)
2.6. Sistem Ritel
Levy
dan weirtz dalam buku retailing management menyatakan bahwa ritel adalah suatu
aktivitas bisnis yang menambahkan nilai pada barang dan jasa yang di jual
kepada konsumen untuk keperluan konsumsi personal maupun keluarga. (michael
adiwijaya, 2010) Definisi ini menjelaskan bahwa aktivitas ritel bakanlah
sekedar aktivitas jual beli secara sederhana. Kata kunci definisi ini adalah
penambahan nilai dalam sebuah transaksi. nilai yang ditambahkan dapat berupa
kualitas produk, harga yang masuk akal, hingga layanan yang menyertai transaksi
seperti garansi jaminan bebas ongkos kirim dan sebagainya
Sedangkan menurut Riyanto (2014, vii)
Agar usaha retail. Ritail dapat eksis dan berkembang, diperluakan strategi
bisnis dan pengelolaan yang baik. strategi bisnis yang di maksud dapat berupa
peningkatan kualitas marketing, manajemen, pelayanan, dan lain-lain termasuk
penerapan teknologi informasi di dalamnya.
2.7. Pengertian PHP (Hypertext Processor)
PHP (singkatan dari Personal Home Page) adalah bahasa
pemrograman yang di gunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan
pengembangan sebuah aplikasi web dan bisa digunakan pada dokumen HTML.
PHP dirancang untuk dapat bekerja
sama dengan database server dan di buat sedemikian rupa sehingga pembuatan
dokumen HTML yang dapat mengakses database menjadi begitu mudah. Tujuan dari
bahasa scripting ini adalah untuk membuat aplikasi tersebut yang dibangun oleh
PHP pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser, tetapi proses secara
keseluruhan dijalankan di server. (Lukmanul Hakim, 2014)
2.8. Pengertian jquery
jQuery
adalah sebuah library Javascript yang sangat ringkas dan sederhana untuk
memanipulasi komponen di dokumen HTML, menangani event, animasi, efek dan
memproses interaksi ajax. jQuery dirancang sedemikian rupa supaya membuat
program menggunakan Javascript menjadi relatif sangat mudah. Sesuai slogan nya,
write less, do more. Menulis kode lebih sedikit, tetapi melakukan pekerjaan
lebih banyak. (Lukmanul hakim, 2013)
jQuery
ukuran nya cukup kecil, sehingga tidak memperlambat proses loading halaman web
yang kita buat. jQuery juga kompatibel dengan CSS3 dan yang tak kalah penting
adalah jQuery bisa berjalan di semua browser – cross browser.
jQuery
diluncurkan pada Januari 2006 oleh John Resig. jQuery adalah library Javascript
yang paling populer saat ini. Karena kecanggihan nya, jQuery dipakai oleh
perusahaan besar seperti Google. Dell, CBS, digg, Netflix, Bank of America,
Mozilla, Drupal, dsb.
.
2.9. Pengertian MySQL
Menurut (Dwiartara,
2010)
MySQL adalah Database. Database sendiri merupakan suatu jalan untuk dapat
menyimpan berbagai informasi dengan membaginya berdasarkan kategori-kategori
tertentu, dimana informasi-informasi tersebut saling berkaitan, satu dengan
yang lainnya. MySQL bersifat RDBMS (Relational
Database Management System).
MySQL bukan
termasuk bahasa pemrograman. MySQL bekerja
mengunakan SQL Language (Structure Query Language), dapat diartikan MySQL merupakan standar penggunaan
database didunia untuk pengelolaan data. Perintah yang paling sering digunakan
dalam MySQL adalah SELECT
(mengambil), INSERT (Menambah), UPDATE (Mengubah), dan DELETE
(Menghapus). Selain itu, SQL juga
menyediakan perintah untuk membuat database, field, ataupun index untuk
menambah atau menghapus data, menurut Agus Saputro (2012), dikutip dalam (Utomo &
Bakara, 2013).
RDBMS memungkinkan seorang admin dapat menyimpan banyak
informasi ke dalam table-table, dimana table-table tersebut saling berkaitan
satu sama lain. Keuntungan RDBMS sendiri adalah kita dapat memecah database
kedalam table-table yang berbeda, setiap table memiliki informasi yang
berkaitan dengan table yang lainnya. Mengapa Menggunakan MySQL :
1.
Gratis, MySQL bersifat open source, semua orang bebas
menggunakannya tanpa harus membayar.
2.
Cross
Platform MySQL dapat digunakan under
windows, ataupun under linux.
3.
Lengkap dan Cepat Pasangan yang
cocok dengan PHP. Wajar jika banyak hosting saat ini mendukung adanya PHP dan
MySQL karena kecepatan, gratis, dan dapat di jalankan di sistem operasi
manapun.
2.10. Pengertian Apache Tomcat Server
Web server Apache
berbasiskan Open Source dan mulai
populer di internet sejak tahun 1996 karena Open
Source. Apache bebas didistribusikan oleh siapa saja dan ke siapa saja.
Software ini dapat diunduh pada situs http://www.apache.org dan tersedia untuk
berbagai platform, diantaranya Windows, Linux, dan Unix. Agar dokumen-dokumen
web yang berekstensi HTML ataupun PHP bias diakses oleh browser maka
dokumen-dokumen tersebut perlu diletakkan dalam direktori khusus yang diatur
oleh Apache. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar
kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. Jika
diperlukan, berdasarkan kode PHP yang dituliskan maka dapat saja suatu database
diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untukmendukung halaman web yang
dihasilkan. (Dwiartara,
2010).
2.11. Pengertian Adobe Dreamweaver
Menurut Alexander F.K. Sibero, 2011,
dikutip dalam (Utomo &
Bakara, 2013) Adobe Dreamwaver CS3 adalah suatu produk Web Developer yang
dikembangkan oleh Adobe System Inc. Sebelumnya produk Dreamweaver
dikembangkan oleh Macromedia Inc.
Yang kemudian sampai saat ini pengembangaannya diteruskan oleh Adobe System
Inc. Setelah diambil oleh Adobe Systems Inc, dreamweaver dikembangkan dan dirilis dengan kode nama Creative Suit (CS). Ruang kerja atau Workspace
adalah bagian keseluruhan tampilan Adobe dreamweaver yang terdiri dari Welcome
Screen, Menu, Insert bar, Document Window, CSS Panel, Application Panel, Tag
Inspector Property Inspector, Result Panel, dan Files Panel, masing–masing dari komponen tersebut
memiliki fungsi dan aturan.
Adobe dreamweaver merupakan web
editor yaitu progam aplikasi yang berfungsi untuk mengetikkan perintah-perintah
dokumen web baik client slide scripting maupun server side
scripting. Saai ini banyak tersedia web editor mulai dari yang
paling sederhana hingga yang lebih smart. Mulai dari web editor yang
berbayar hingga yang gratis.
2.12. Pengertian XAMPP
XAMPP
yang digunakan adalah versi 1.7.3, XAMPP
merupakan paket PHP dan MySQL berbasis open source, yang dapat digunakan
sebagai tool pembantu pengembangan aplikasi berbasis PHP. XAMPP mengombinasikan
beberapa paket perangkat lunak berbeda ke dalam satu paket. menurut
Riyanto (2014, 1).
Memanfaatkan XAMPP sebagai database
karena XAMPP menyediakan aplikasi database MySQL dengan interface lebih mudah
dalam pengoperasiannya, tool-tool yang disediakan cukup lengkap dan memenuhi
kebutuhan perancangan data base selain itu XAMPP aplikasi gratis.
2.13. Pengertian Web Browser
Web browser adalah sebuah perangkat
lunak yang memungkinkan penggunan untuk menampilkan dan berinteraksi dengan
text, gambar, and informasi yang ada pada halaman web pada sebuah di World
Wide Web (WWW) atau local area network (LAN), menurut (Sufandi, 2007).
Begitu banyak web browser yang bisa
digunakan, menurut jurnal yang disusun oleh Amogh Kulkarni, Jaison Salu John,
Yohan Yohanes Thampi, Shravan Udaykumar, Gaurav Prasad, dan Vrinda Halarnkar
pada tahun 2009, dikutip dalam (Setiawan, Setiawan, Karunia, Rory, &
Wicaksana, 2010). Jurnal ini membahas mengenai empat
web browser yang paling popular yaitu Mozilla Firefox, Internet Explorer,
Google Chrome, dan Opera. Pada tahap pertama merupakan perbandingan parameter
yang dikategorikan menjadi fitur umum, fitur keamanan dan fitur browser.
Membandingkan masing-masing browser dari segi besarnya pengguna yang sering
menggunakan web browser tersebut. Penelitian yang dilakukan meliputi
membandingkan tes benchmark pada web browser dengan menggunakan SunSpider
Javascript Benchmark, dan Acid3. Tes kecepatan browser meliputi CSS rendering,
graphics rendering, cold start, dan warm start. Seluruh penelitian di rangkum
dalam sebuah tabel berikut data hasil penelitian dan di perjelas dengan
menggunakan Comparative Bar-Chart. Comparative Bar-chart dapat memperjelas dari
hasil penelitian, browser apa yang lebih baik dari browser lainnya.
Sejarah singkat mengenai web browser
serta kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut :
1.
Mozilla
Firefox terkenal
dengan cara instalasi dan pengoperasian yang cukup mudah. Selain itu, fitur
keamanan juga menjadi fokus utama untuk browser ini. Kelebihan:
a.
Mendukung
Flash, Java servlet dan applet
b.
Banyak
add ons
c.
Update
Mudah
d.
Security
OK
e.
Cocok
untuk download file besar dan
f.
mudah
utk mendownload file youtube
Kekurangan :
a.
Kurang
cepat jika dibandingkan dengan Opera
b.
Berat
kalo terlalu banyak plugin
2.
Google
Chrome Browser
ini harus di install dengan menggunakan koneksi internet, karena file instalasinya
yang hanya sebesar kurang lebih 600 KB memerluakn download file-file yang
diperlukan langsung ke situs google. Kelebihan:
a.
Bug-nya
sulit dieksploitasi
b.
Paling
ringan
c.
Design
simple dan minimalis
d.
Update
Mudah
e.
Security
paling kuat, menjadi browser paling tahan terhadap serangan hacker
Kekurangan:
a.
Fitur
kurang
b.
Installnya
musti online
3.
Opera
Browser
ini memiliki cara instalasi yg mudah, tidak ada kesulitan saat melalukan instalasi. Kemampuan
menyimpan chace dari browser ini cukup baik sehingga jika Anda ingin membuka
suatu situs untuk yang kedua kalinya atau bahkan lebih, maka situs tersebut
akan terbuka lebih cepat. Kelebihan:
a.
Banyak
fitur yang memudahkan pemakaian, seperti ‘speed dial’
b.
Mendukung
Flash
c.
Ringan
d.
Cepat
dalam pemanggilan cache
e.
Ada
teknologi kompresi, jadi data yang didownload lbh cepat terpanggil, cocok buat
yang pakai internet quota, ngirit bandwith
Kekurangan:
a.
Belum
mendukung Java servlet, dan sulit jika membuka situs yang terdapat AJAX,
(contohnya jika membuka situs facebook.com, kita belum bisa mengedit untuk
menghapus komentar teman di Opera dan belum bisa menggunakan aplikasi
touchgraph-nya facebook, sedangkan di Mozilla bisa)
b.
Tidak
ada add-ons (namun skin tampilan juga dapat diganti)
c.
Lambat
dalam membaca script
d.
Update
paling susah, harus mendownload file masternya lagi
4.
Safari sama dengan browser Opera dan
Firefox, untuk masalah kemudahan dalam instalasi browser yang tadinya khusus di
buat untuk Apple Machintos ini bisa cukup diandalkan. Kelebihan:
a.
Kemampuan
memecah tab menjadi jendela, dan sebaliknya
b.
Snapback
c.
Relatif
lebih cepat
Kekurangan:
a.
Tampak
aneh sebagai aplikasi Windows
b.
Tak
ada fitur baru yang menonjol
Tidak ada komentar:
Posting Komentar