BAB III
ANALISIS SISTEM YANG BERJALAN
3.1. Profil Toko PP Sumurnangkah
Yayasan Pondok Pesantren
Sumurnangkah sebagai salah satu wadah ilmu keagamaan salafiyah para insan dakwah adalah berawal dari
kumpulan para santri dan alumni yang mempunyai visi, misi dan manhaj yang sama.
Dengan kegiatan yang meliputi Bidang Pendidikan, Bidang Sosial dan Bidang
Dakwah semuanya berorientasi ’social oriented’. Tidak ada muatan ’business
oriented’, yayasan berjalan dengan semangat motto ”Aku Hanyalah Bukan Aku
Adalah”. Pada perjalanannya tidak dipungkiri bahwa kendala kegiatan telah
banyak dialami. Kendala manajemen pengelolaan (non materiil) harus diatasi
dengan pembenahan manajemen pengelolaan, dan pembiayaan (materiil) harus
diatasi dengan solusi bagaimana ada ketersediaan sumber pembiayaan yang
memadai. Sumber pembiayaan yang sudah ada sekarang lebih bersifat pasif dari
penyelenggaraan pelayanan / jasa yakni pada bidang pendidikan yang bersifat
pasti tetapi terbatas, maupun pada bidang
dakwah dan Bidang Sosial yang bersifat tidak pasti tetapi tidak terbatas.
|
yang bersifat pasti dan tidak terbatas
sebagai solusi ekonomi yang mampu memberikan sumber pembiayaan kegiatan
yayasan.
Koperasi
Toko mini PP sumurnangkah, merupakan koperasi yang melayani santri dan
masyarakat sekitar Modung bangkalan, berdiri sejak tahun 1985. Koperasi toko
mini yang berlokasi di Jl. Suwa’an Modung Bangkalan Jawa timur. Wilayah di
sekitar lokasi merupakan pusat kegiatan para santri dalam menuntut ilmu agama.
Dengan
usaha awal sebagai koperasi toko sembako kini toko PP Sumurnangkah telah menjadi
toko serba ada yang melayani semua masyarakat yang ada disekitarnya. mulai dari kebutuhan bahan makanan, minuman
sehari-hari, alat dapur, alat tulis, minyak, beras, sabun, rokok, dll.
barang-barang toko sembako yang cukup lengkap dan didukung dengan variasi
produk penjualan yang beraneka ragam.
Pada
2009 setelah pelanggan Toko PP Sumurnangka semakin banyak, karyawan pun mulai
kualahan melayani mereka, maka Owner/pemilik melakukan renovasi yaitu merubah
penataan tokonya menjadi berbentuk Toko mini guna mempermudah pelanggan memilih
barang-barang yang cukup besar dan bernilai sedang (tidak terlampau mahal).
Awalnya rencana tersebut mendapatkan kritikan dari sebagian karyawan yang
senior yang merasa khawatir akan hilangnya barang-barang dagangan karena pembeli
yang nakal, owner merasa bahwa kenyamanan konsumen lebih berharga dibandingkan
sebagian barang yang mungkin tercuri oleh sebagian konsumen. Barang-barang
seperti makanan snack, permen, peralatan alat sekolah, peralatan kamar mandi,
seperti shampoo dan sabun, dan lain-lain pun mulai dipajang dengan rak, adapun
kekurangan dari toko mini PP Sumurnangka ini tidak memiliki mesin kasir yang
terkomputerisasi sehingga kasir masih kewalahan untuk menentukan stok barang
yang masih ada apabila banyak pelangggan menanyakan barang yang di butuhkan.
Animo masyarakat dengan perubahan tersebut sangat baik mereka menyambutnya
dengan gembira, omset harian pun meningkat, jumlah pelanggan yang terlayani pun
semakin banyak serta terlayani walau masih manual.
Dengan
cabang baru yang memiliki 13 pekerja dan didikung berbagai fasilitas penunjang,
kini koperasi toko PP Sumurnangkah semakin siap untuk melayani masyarakat sebagai pusat perbelanjaan yang lengkap dan
memberikan suasana belanja yang nyaman bagi pengunjungnya.
1.2. Struktur Organisasi
Berikut adalah contoh Struktur organisasi
sederhana Toko PP Sumurnangka, struktur Organisasi yang dibuat masih bersifat
sederhana. Adapun masing-masing jabatan
memiliki tanggung jawab dan tugas pekerjaaan sebagai berikut.

Gambar 3.1 Struktur Organisasi Toko PP Sumurnangka
Karyawan
Toko PP Sumurnangka :
- Bahri Adi wijaya 7. Antok
- Saiful anam 8. Rizal
- Karim 9. Abdul qodir
- Maimuna 10. Mamat
- Andi 11. Rokaiyah
- Ruddin 12. Ainul
1.3. Wewenang dan Tanggung Jawab
1.3.1. Tanggung Jawab Pemilik/Owner
A.
Bertanggung jawab kepada pemilik
B.
Bertanggung jawab atas kelancaran toko
C.
Bertanggung jawab atas barang-barang di toko
D.
Bertanggung jawab atas kelengkapan toko
E.
Bertanggung jawab atas harga, kualitas,
kuantitas, dan kontinuitas barang
F.
Bertanggung jawab atas keuntungan dan hasil
penjualan
1.3.2. Tugas Pemilik Toko
1. Kontrol
Manajemen
2. Kontrol
kinerja perusahaan
3. Menentukan
kebijakan-kebijakan strategi.
1.3.3. Tugas Manajer
1. Kontrol
Gudang
2. Kontrol
penerimaan barang
3. Kontrol
barang kadaluarsa (expired)
4. Kontrol
Quality
5. Kontrol
order mingguan/bulanan (periodik)
6. Kontrol
BS (Broken Stock) dan CN (Credit Note)
7. Kontrol
schedule supplier
8. Kontrol
barang yang dijual
9. Membuka
dan menutup took (bertanggung jawab atas kunci)
10. Selalu
berhubungan dengan customer
11. Kontrol
kebersihan took, lampu, dan rak
12. Kontrol
display barang
13. Kontrol
omzet
14. Kontrol
barang berhadiah
15. Mengkoordinasi
pramuniaga
16. Kontrol
investasi perusahaan
17. Kontrol
kasir dan mesin register
18. Kontrol
faktur, PO, harga jual, dan label harga
19. Kontrol
target dan realitas
20. Kontrol
omzet
21. Kontrol
Penyiapan uang
1.3.4. Tugas Penyedia bagian gudang
- Memeriksa barang yang kosong
- Merapikan barang
- Memeriksa dan control barang yang rusak
- Memajang barang menurut jenisnya
- Memajang barang sesuai FIFO
- Mempelajari dan mengenali barang
- Mempelajari barang tang fast moving dan slow moving
- Memberikan service terbaik kepada pelanggan.
1.3.5. Tugas Kasir
- Berkepribadian baik dan menarik
- Murah senyum ramah dan supel, mudah bergaul, dan pandai berkomunikasi.
- Teliti, rapih dan cekatan
- Bertanggung jawab penuh dan jujur
- Berpakaian rapi, berpenampilan baik, dan rendah hati
- Mengerti dan mampu mengoperasikan mesin register dan hafal kode departemen barang
- Disiplin dan selalu bekerja sama dengan sesama karyawan.
1.4. Use Case Diagram Sistem Berjalan
Dalam proses perancangan sistem
informasi transaksi penjualan pada toko PP Sumurnangka diperlukan analisa
sistem berjalan saat ini, Use Case Diagram ini menjelaskan secara detail apa
yang dilakukan pada sistem saat ini, aktifitas dan siapa saja yang telibat
didalamnya.
Gambar 3.2 Diagram Use Case
Use case
diagram pada gambar 3.2 dapat dilihat bahwa sistem informasi transaksi
penjualan ini memiliki 5 aktor, yaitu pemilik, penyedia, kasir, pemasok dan
pelanggan, dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.
Pemilik/Admin.
a. Data
laporan : admin menerima laporan-laporan hasil dari penjualan/pembelian.
b. kebijakan/peraturan
: admin menentukan dan membuat kebijakan pada tokonya sendiri.
2.
Penyedia/gudang.
a. stok
: penyedia mengecek sisa stok barang yang masih ada.
b. pesan
: penyedia melakukan pemesanan barang yang sudah habis
c. barang
: penyedia mengontrol atau mengecek kondisi barang yang rusah atau kadaluarsa
3.
kasir.
a. jual
: kasir melakukan transaksi penjualan barang kepada pelanggan
4.
pemasok/supplier
a. suplai
: pemasok melakukan penyuplaian barang pada penyedia yang di pesan dari
penyedia
5.
pelanggan.
a. beli
: pelanggan melakukan pembelian barang pada toko PP sumurnangka.
1.5. Aktivity Diagram Sistem Berjalan
Gambar 3.3 Diagram Aktivity
1.6. Analisa Permasalahan
Telah di gambarkan dan di jelaskan
rincian dari kegiatan pengolahan data barang toko PP Sumurnangka dalam bentuk Use Case dan Activity
Diagram maka, dapat di simpulkan bahwa permasalahan yang timbul dalam
proses tersebut adalah sering terjadinya kesalahan dalam transaksi
penjualan dan pengolahan , mulai dari
data barang sampai ke pemberian harga pada masing-masing barang karena program
yang di gunakan masih manual atau dengan Microsoft excel. Sehingga data yang di
simpan tidak terstruktur dengan baik, pengolahan data jika tidak dilakukan
secara sistematis dan memiliki prosedur dalam pengolahan maka dapat menimbulkan
kerumitan yang menyebabkan proses pengolahan data berjalan secara tidak teratur
bahkan bisa jadi data yang di olah menjadi acak-acakan.
Proses yang seperti ini sangat
menggangu sekali pada operasional toko terutama dalam proses pengolahan data
barang, proses menjadi lambat serta hasil yang tidak maksimal.
1.7. User Requirment
User
requirment dilakukan untuk menspesifikasikan keluaran yang akan dihasilkan
oleh sistem yang akan dirancang. Berdasarkan analisa permasalahan yang telah
dilakukan di atas, maka akan dirancang sebuah sistem yang diharapkan mampu
menyelesaikan atau mengurangi berbagai permasalahan yang akan dilakukan
elisitasi tahap I berisi seluruh rancangan sistem informasi jurnal ilmiah yang
diminta oleh pihak user melalui proses wawancara dan di buatkan tabel untuk
menterjemahkan kebutuhan yang di inginkan user, seperti di bawah ini :
Tabel 3. 1 Elisitasi tahap I
Analisa Kebutuhan
|
|
Saya ingin sistem dapat:
|
|
1
|
Menampilkan
Halaman Utama
|
2
|
Menampilkan
Profil Toko PP Sumurnangka
|
3
|
Menampilkan
Informasi tentang Toko PP Sumurnangka
|
4
|
Menampilkan
Form Login / Masuk
|
5
|
Menampilkan
Halaman Admin
|
6
|
Menampilkan
Form input, hapus, ubah dan tombol submit pencarian data master barang.
|
7
|
Menampilkan
Form input, hapus, ubah dan tombol submit pencarian data master kategori
|
8
|
Menampilkan
Form input, hapus, ubah dan tombol submit pencarian data master suplier.
|
9
|
Menampilkan
Form input, hapus, ubah dan tombol submit pencarian data master satuan.
|
10
|
Menampilkan
Form input, hapus, ubah dan tombol submit pencarian data master user.
|
11
|
Menampilkan
Form input, hapus, ubah dan tombol submit pencarian data master toko.
|
12
|
Menampilkan
Form input, hapus, ubah dan tombol submit pencarian data master member.
|
13
|
Menampilkan
seluruh data laporan pembelian
|
14
|
Menampilkan
seluruh data laporan penjualan
|
15
|
Menampilkan
seluruh data laporan profit penjualan.
|
16
|
Menampilkan
seluruh data laporan neraca keuangan.
|
17
|
Menampilkan
seluruh data laporan arus barang.
|
18
|
Menampilkan
seluruh data laporan PO barang.
|
19
|
Menampilkan
Form input, hapus dan cetak transaksi pembelian.
|
20
|
Menampilkan
Form input, hapus dan cetak transaksi penjualan/mesin kasir.
|
21
|
Menampilkan
data setoran penjualan.
|
22
|
Menampilkan
data stok barang.
|
23
|
Menu
logout atau keluar
|
Elisitasi Tahap II merupakan hasil pengklasifikasian dari
elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI ini bertujuan untuk memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus
ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk
dieksekusi.
a).
M pada MDI itu artinya Mandatory (penting). Maksudnya requirement
tersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistem baru.
b).
D pada MDI itu
artinya Desirable. Maksudnya requirement tersebut tidak terlalu
penting dan boleh dihilangkan. Tetapi jika requirement
tersebut digunakan dalam pembentukan sistem, akan membuat sistem tersebut lebih
sempurna.
c).
I pada
MDI itu artinya Inessential.
Maksudnya bahwa requirement tersebut
bukanlah bagian dari sistem yang dibahas dan merupakan bagian dari luar sistem.
Seperti tabel di bawah ini :
Tabel 3. 2 Elisitasi Tahap II
Functional
|
||||
Analisa Kebutuhan
|
||||
Saya ingin sistem dapat:
|
M
|
D
|
I
|
|
1
|
Menampilkan Halaman Utama
|
|
√
|
|
2
|
Menampilkan Profil Toko PP
Sumurnangka
|
|
√
|
|
3
|
Menampilkan Informasi tentang Toko
PP Sumurnangka
|
|
√
|
|
4
|
Menampilkan Form Login / Masuk
|
√
|
|
|
5
|
Menampilkan Halaman Admin
|
√
|
|
|
6
|
Menampilkan Form input, hapus,
ubah dan tombol submit pencarian data master barang.
|
√
|
|
|
7
|
Menampilkan Form input, hapus,
ubah dan tombol submit pencarian data master kategori
|
√
|
|
|
8
|
Menampilkan Form input, hapus,
ubah dan tombol submit pencarian data master suplier.
|
√
|
|
|
9
|
Menampilkan Form input, hapus,
ubah dan tombol submit pencarian data master satuan.
|
√
|
|
|
10
|
Menampilkan Form input, hapus,
ubah dan tombol submit pencarian data master user.
|
√
|
|
|
11
|
Menampilkan Form input, hapus,
ubah dan tombol submit pencarian data master toko.
|
√
|
||
12
|
Menampilkan Form input, hapus,
ubah dan tombol submit pencarian data master member.
|
√
|
||
13
|
Menampilkan seluruh data laporan
pembelian
|
√
|
||
14
|
Menampilkan seluruh data laporan penjualan
|
√
|
||
15
|
Menampilkan seluruh data laporan
profit penjualan.
|
√
|
||
16
|
Menampilkan seluruh data laporan
neraca keuangan.
|
√
|
||
17
|
Menampilkan seluruh data laporan
arus barang.
|
√
|
||
18
|
Menampilkan seluruh data laporan
PO barang.
|
√
|
||
19
|
Menampilkan Form input, hapus dan
cetak transaksi pembelian.
|
√
|
||
20
|
Menampilkan Form input, hapus dan
cetak transaksi penjualan.
|
√
|
||
21
|
Menampilkan data setoran
penjualan.
|
√
|
||
22
|
Menampilkan data stok barang.
|
√
|
||
23
|
Menu logout atau keluar
|
√
|
Elisitasi
Tahap III merupakan hasil penyusutan dari elisitasi tahap II dengan cara
mengeliminasi semua requirement yang
optionnya I pada metode MDI. Selanjutnya semua requirement yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui metode
TOE, yaitu sebagai berikut:
a.
T artinya Technical,
maksudnya bagaimana tata cara/teknik pembuatan requirement tersebut dalam sistem yang diusulkan.
b.
O artinya Operational,
maksudnya bagaimana tata cara penggunaan requirement
tersebut dalam sistem yang akan dikembangkan.
c.
E artinya Economy,
maksudnya berapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement tersebut didalam sistem.
Metode
TOE tersebut dibagi kembali menjadi beberapa option, yaitu:
a).
High (H): Sulit untuk dikerjakan,
karena tehnik pembuatan dan pemakaiannya sulit serta biayanya mahal. Sehingga requirement tersebut harus dieliminasi.
b).
Middle (M) : Mampu untuk dikerjakan.
c).
Low (L) : Mudah untuk
dikerjakan.
Seperti
tabeli di bawah ini :
Tabel 3. 3 Elisitasi Tahap III
Feasibility
|
T
|
O
|
E
|
|||||||
Risk
|
L
|
M
|
H
|
L
|
M
|
H
|
L
|
M
|
H
|
|
1
|
Menampilkan Halaman Utama
|
√
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
2
|
Menampilkan Profil Toko PP
Sumurnangka
|
√
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
3
|
Menampilkan Informasi tentang Toko
PP Sumurnangka
|
√
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
4
|
Menampilkan Form Login / Masuk
|
√
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
5
|
Menampilkan Halaman Admin
|
√
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
6
|
Menampilkan Form input, hapus,
ubah dan tombol submit pencarian data master barang.
|
√
|
|
√
|
|
|
√
|
|
||
7
|
Menampilkan Form input, hapus,
ubah dan tombol submit pencarian data master kategori
|
√
|
|
√
|
|
|
√
|
|
||
8
|
Menampilkan Form input, hapus,
ubah dan tombol submit pencarian data master suplier.
|
√
|
|
√
|
|
|
√
|
|
||
9
|
Menampilkan Form input, hapus,
ubah dan tombol submit pencarian data master satuan.
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
10
|
Menampilkan Form input, hapus,
ubah dan tombol submit pencarian data master user.
|
√
|
|
√
|
|
|
√
|
|||
Menampilkan Form input, hapus,
ubah dan tombol submit pencarian data master toko.
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
Menampilkan Form input, hapus,
ubah dan tombol submit pencarian data master member.
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
Menampilkan seluruh data laporan
pembelian
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
Menampilkan seluruh data laporan
penjualan
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
Menampilkan seluruh data laporan
profit penjualan.
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
Menampilkan seluruh data laporan
neraca keuangan.
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
Menampilkan seluruh data laporan
arus barang.
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
Menampilkan seluruh data laporan
PO barang.
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
Menampilkan Form input, hapus dan
cetak transaksi pembelian.
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
Menampilkan Form input, hapus dan
cetak transaksi penjualan.
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
Menampilkan data setoran
penjualan.
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
Menampilkan data stok barang.
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
Menu logout atau keluar
|
√
|
√
|
√
|
Elisitasi
tahap IV merupakan hasil
akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai
dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.
Tabel 3. 4 Elisitas Tahap IV
Functional
|
|
Analisa
Kebutuhan
|
|
Saya
ingin sistem dapat:
|
|
1
|
Menampilkan
Halaman Utama
|
2
|
Menampilkan
Profil Toko PP Sumurnangka
|
3
|
Menampilkan
Form Login / Masuk
|
4
|
Menampilkan
Form input, hapus, ubah dan tombol submit pencarian data master barang.
|
5
|
Menampilkan
Form input, hapus, ubah dan tombol submit pencarian data master kategori
|
6
|
Menampilkan
Form input, hapus, ubah dan tombol submit pencarian data master suplier.
|
7
|
Menampilkan
Form input, hapus, ubah dan tombol submit pencarian data master satuan.
|
8
|
Menampilkan
Form input, hapus, ubah dan tombol submit pencarian data master user.
|
9
|
Menampilkan
Form input, hapus, ubah dan tombol submit pencarian data master toko.
|
10
|
Menampilkan
Form input, hapus, ubah dan tombol submit pencarian data master member.
|
11
|
Menampilkan
seluruh data laporan pembelian
|
12
|
Menampilkan
seluruh data laporan penjualan
|
13
|
Menampilkan
seluruh data laporan profit penjualan.
|
14
|
Menampilkan
Form input, hapus dan cetak transaksi pembelian.
|
15
|
Menampilkan
Form input, hapus dan cetak transaksi penjualan.
|
16
|
Menampilkan
data setoran penjualan.
|
17
|
Menampilkan
data stok barang.
|
18
|
Menu
logout atau keluar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar