ASSALAMUALAIKUM...

Sabtu, 11 April 2015

Perancangan Sistem Informasi Penjualan Handphone pada toko As-tians cell



BAB I
PENDAHULUAN



1.1.       Latar Belakang

            Teknologi informasi telah menghantarkan manusia pada satu tingkat peradaban baru, peradaban masyarakat informasi. Salah satu  hasil dari teknologi yaitu Telepon. Dari terciptanya telepon sebagai alat komunikasi jarak jauh dan terciptanya jaringan Internet secara global ini akhirnya mampu memicu terciptanya suatu alat komunikasi yang mempunyai jangkauan  luas, ringan dan menawarkan berbagai ragam kemudahan. Dalam hal ini disebut sebagai HandPhone atau MobilePhone atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan Telepon Genggam.
            Di Indonesia sendiri saat ini telah terdapat beragam Provider atau perusahaan penyedia layanan jaringan telepon, khususnya telepon genggam. Dengan hadirnya penyedia layanan telpon ini akhirnya memicu meningkatnya permintaan akan telepon genggam, sehingga akhirnya pihak pembuat telepon itu sendiri berminat untuk menghadirkan berbagai merk, tipe dan pelayanan dari produk mereka. Dengan terjadinya proses ini akhirnya jumlah, bentuk dan merk dari telepon di Indonesia meningkat tajam.
1
            Terbentuknya suasana teknologi seperti digambarkan diatas, akhirnya menarik minat penulis untuk mengangkat hal ini kedalam sebuah karya tulis yang akan dijadikan sebagai Kuliah Kerja Praktek penulis. KKP yang disusun ini diberi judul “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Handphone pada toko As-tians cell”.  Berdasarkan judul yang diangkat, maka karya tulis ini akan disertai dengan sebuah aplikasi Sistem informasi yang mampu membantu masyarakat dalam memilih dan menentukan tipe handphone yang mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan mereka.
            Maka hadirnya system Perdagangan on-line berbasis web tumbuh begitu cepat tanpa mengabaikan banyaknya alternatif pembelian lain bagi bisnis dan konsumen.
Semua dasar Penjualan ini menghadirkan peluang bagi sistem untuk melayani pelanggan dengan lebih baik, menghantarkan nilai yang lebih tinggi, ketika semuanya memuaskan, maka dijamin system ini akan mencapai kesuksesan dan menguntungkan

1.2.       Pokok Masalah

            Pokok permasalahan kenapa mengangkat masalah handphone ini, karena handphone merupakan salah satu dari bentuk teknologi yang sedang digemari saat ini. Sehingga dengan demikian diharapkan sistem informasi ini dapat digunakan dengan semaksimal mungkin dalam membantu masyarakat dalam mencari dan mengetahui informasi perkembangan handphone yang sedang beredar di pasaran atau As-tians cell, baik itu dari segi kualitas, baterai, bentuk dan fasilitasnya

1.2.1.      Rumusan Masalah

            Berdasarkan permasalahan diatas, maka perumusan masalah yang dapat diambil dalam sistem ini adalah :
  1. Bagaimana membuat Sistem yang membantu memasarkan produk yang ada disana Berdasarkan jenis, dan merk dari setiap spesifikasi produk dengan disertai harga dan gambar ?
  2. Bagaimana membuat sistem yang membantu para pengguna dalam mencari informasi harga dan produk handphone melalui media on-line ?
  3. Bagaimana membuat sistem transaksi yang efektif dan efesien sehingga mempermudah dan mempercepat konsumen dalam membeli produk handphone di rumahnya tanpa harus datang ke toko-toko handphone ?

1.2.2.      Batasan Masalah

Kegiatan yang ada  pada Toko As-tians cell ini sangat kompleks, sehingga dalam penulisan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini hanya membatasi pada sub bidang kegiatan memasarkan handphone pada seluruh masyarakat khususnya daerah tanggerang selatan.
Sehubungan dengan permasalahan tersebut di atas, maka dapat disusun suatu sistem yang sesuai dengan  batasan sebagai berikut :
1.           informasi lengkap mengenai handphone dan fasilitas yang dimiliki, serta perkiraan harga pasar, baik harga baru, bekas dan ukurannya.
2.           Perancangan sistem ini, pembuatannya dengan menggunakan usecase diagram, class diagram, sequence diagram, activity diagram dengan menggunakan UML (Unified Modelling Language)
3.           Informasi mengenai merk handphone. menggunakan PHP (Pretext Hyper Processer), dan database menggunakan MySQL.
4.           Sistem Pembayaran menggunakan cash on delivery, setoran tunai dan transfer rekening bank.
5.           Sistem kemanan website meliputi penggunaan password dan penggunaan session pada tiap halaman website.

1.3.       Tujuan dan Manfaat Penelitian

Untuk mencapai tujuan dan manfaat penelitian dalam perancangan sistem Penjualan pada Toko As-tians Cell dapat diuraikan sebagai berikut.

1.3.1.      Tujuan Penelitian

Tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah untuk membantu mengatasi permasalahan dalam proses pengolahan sistem Penjualan Handphone di As-tians cell, sehingga diharapkan dengan bantuan komputer dapat mempermudah seseorang untuk dapat melihat atau membeli Handpone yang disukainya melalui internet, selain itu juga akan membantu pihak As-tians cell dalam mempromosikan produk-produk Handphone yang dimilikinya.

1.3.2.      Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan dari penyusunan kerja praktek ini adalah sebagai berikut:
a.         Bagi Penulis
1.    Menambah pengetahuan dan wawasan bagi penulis tentang ilmu programming, teknologi informasi dan hal-hal yang berkaitan dengan metodologi penulisan ini, khususnya dalam hal pembuatan dan pengembangan program aplikasi sistem informasi.
2.    Untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh selama berjual handphone di toko.
3.    Membuat dan menghasilkan sistem yang bermanfaat bagi toko As-tians cell
b.         Bagi pihak pengguna
1.        Memudahkan pengguna dalam hal pencarian informasi mengenai harga dan produk handphone yang di perlukan.
2.        Menambah wawasan dalam ilmu komputerisasi dalam arti aplikasi yang dibuat bisa memberikan solusi yang tepat.
c.            Bagi Toko As-tians cell.
1.        Membantu petugas toko dalam hal mempublikasikan produk-produk handphone yang ada.
2.        Membantu mempublikasikan/memperkenalkan tentang toko As-tians cell kepada masyarakat khususnya daerah bintaro tanggerang selatan.

1.4.       Metode Pengumpulan Data

a)      Metode Observasi
Penulis melakukan kerja praktek di Toko As-tians cell untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penyusunan laporan dengan pengamatan langsung dilapangan.
b)      Metode Wawancara
Penulis melakukan proses Tanya jawab kepada pemilik Toko, dimana obyek penelitian dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat.
c)      Metode Pustaka
Metode ini ditujukan untuk memperoleh referensi yang mendukung kearah penyelesaian dari permasalahan yang ada dan untuk mempelajari langkah-langkah pembuatan keseluruhan karya tulis secara baik.
d)     Metode Waterfall
Metode waterfall merupakan metode yang sering digunakan oleh penganalisa sistem pada umumnya. Inti dari metode waterfall adalah pengerjaan dari suatu sistem dilakukan secara berurutan atau secara linear. Jadi jika langkah ke-1 belum dikerjakan, maka langkah 2 tidak dapat dikerjakan. Jika langkah ke-2 belum dikerjakan maka langkah ke-3 juga tidak dapat dikerjakan, begitu seterusnya. Secara otomatis langkah ke-3 akan bisa dilakukan jika langkah ke-1 dan ke-2 sudah dilakukan.


Secara garis besar metode waterfall mempunyai langkah-langkah sebagai berikut : Analisa, Desain, Penulisan, Pengujian dan Penerapan


1.5.       Sistematika Penulisan

Sistematika dalam penulisan Kuliah Kerja Praktek (KKP) “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko As-tians cell Menggunakan PHP dan MySQL” adalah sebagai berikut :
BAB I    PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, tujuan penulisan karya tulis, metode pengumpulan  data dan sistematika penulisan karya tulis.
BAB II   LANDASAN TEORI
Dalam bab ini menjelaskan tentang teori-teori PHP, MYSQL, HTML,  dremweaver, XMPP, UML, pengertian Penjualan, World Wide Web, Sistem Informasi serta teori-teori lain yang digunakan untuk mendukung penganalisaan dan perancangan sistem.
BAB III   ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini akan dibahas masalah analisa dan perancangan sistem yang dibuat, mulai dari pembuatan diagram use case, diagram class sistem, sequence dan aktivity, penjelasan sistem serta perancangan berkas yang dibutuhkan, perancangan keluaran dan sejarah profil As-tians cell.
BAB IV PENUTUP
Dalam bab penutup ini  berisi tentang kesimpulan dan saran yang ada kaitanya dengan “Sistem  Informasi Penjualan Handphone Pada As-tians cell”.

sistem perpustakaan online at-tholhawiyah


 

PENDAHULUAN

Latar Belakang

                 Pada saat sekarang ini, perpustakaan SMA-ATTHOLHAWIYAH masih menggunakan sistem katalog manual yang berbentuk buku dan kartu-kartu yang berisi data-data buku. Sistem ini sudah dianggap tidak efisien lagi mengingat pesatnya peningkatan jumlah buku sebanyak 17.076 judul/ 16.758 exemplar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu program database realtime via web browser yang dapat diakses oleh siswa baik dari sma ATTHOLHAWIYAH maupun rumah.
Pemanfaatan teknologi internet dimaksudkan untuk kebutuhan akan penyampaian dan pencarian informasi yang cepat, sebab internet sebagai jaringan yang sangat luas merupakan sarana yang efektif dan efisien untuk penyampaian dan pencarian informasi.
Pada Pra Tugas akhir ini dibuat suatu sistem informasi perpustakaan berbasis web secara online. Sistem database realtime ini dirasa sangat efektif karena dirancang untuk  memberikan pelayanan berupa informasi tentang buku-buku yang tersedia beserta isinya, sehingga user dapat mengetahui / mencari buku yang dimaksud dengan hanya meng-klik mouse.

Rumusan Permasalahan

Berdasarkan permasalahan diatas, maka perumusan masalah yang dapat diambil dalam sistem ini adalah :
1.   Bagaimana membuat Sistem yang membantu perpustakaan yang ada disana  dalam hal pengolahan bahan pustaka.
2.   Bagaimana membuat sistem yang efektif dan efesien sehingga mempercepat kinerja para pustakawan dalam hal mempublikasikan sebuah bahan pustaka.
3.   Bagaimana membuat sistem yang membantu para pengguna informasi dalam pencari bahan pustaka.

Tujuan

Tujuan dari penelitian ini tentang sistem perpustakaan berbasis web pada perpustakaan SMA ATTHOLHAWIYAH adalah;
1.      Membuat aplikasi yang dapat mengelola bahan pustaka yang lebih efesien guna mendukung kinerja TA para pustakawan yang ada disana
2.      Membuat aplikasi yang dapat diakses oleh banyak pihak baik itu dari pihak dalam maupun dari pihak luar
3.      Membuat aplikasi yang dapat memberikan informasi TA yang ada di SMA ATTHOLHAWIYAH khususnya dalam bidang perpustakaan

Batasan masalah

               Dalam pembuatan Pra Tugas akhir ini dititik beratkan pada komunikasi data pada web interaktif untuk pencarian buku secara online dengan menggunakan sistem database MySQL dan bahasa script PHP serta tampilan (layout) web site dengan Macromedia Dreamweaver, yang kesemuanya dirancang dengan menggunakan sistem operasi linux. Alasan penulis menggunakan PHP adalah karena PHP merupakan freeware sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya, fasilitas trace kesalahan yang mudah dilakukan dan dipahami dalam browser, mudah dikoneksikan dengan database serta memiliki tingkat sekuritas yang tinggi.


Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan dari penyusunan Tugas akhir ini adalah sebagai berikut:
a.       Bagi Penulis
1.      Menambah pengetahuan dan wawasan bagi penulus tentang ilmu programming, teknologi informasi dan hal-hal yang berkaitan dengan metodologi penulisan ini, khususnya dalam hal pembuatan dan pengembangan program aplikasi sistem informasi.
2.      Untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh selama duduk dibangku SMA attholhawiyah.
3.      Membuat dan menghasilkan sistem yang bermanfaat bagi perpustakaan SMA ATTHOLHAWIYAH
b.      Bagi pihak pengguna
1.      Memudahkan pengguna dalam hal pencarian informasi mengenai bahan pustaka yang sedang di perlukan.
2.      Menambah wawasan dalam ilmu komputerisasi dalam arti aplikasi yang dibuat bisa memberikan solusi yang tepat.
c.          Bagi Perpustakaan SMA ATTHOLHAWIYAH
1.      Membantu petugas perpustakaan dalam hal mempublikasikan bahan pustaka
2.      Membantu dalam hal memberikan informasi yang ada di perpustakaan kepada para pengguna sistem informasi perpustakaan online ini.

Metode Penelitian

Dalam penulisan ini, penyusun menggunakan beberapa cara. Diantaranya :
1)      Observasi
Dalam hal ini penulis mangadakan tinjauan langsung ke lapangan sehingga penulis dapat mengetahui urutan proses peminjaman buku dan pengembalian buku.

2)      Wawancara
Wawancara dilakukan untuk mengetahui masalah yang timbul dan yang di alami langsung oleh bagian-bagian yang bersangkutan. Dalam TA ini diajukan pertanyaan lisan untuk melengkapi data-data yang akan diperoleh. Wawancara dilakukan pada bagian-bagian yang terkait dengan sistem simpan pinjam.

3)      Studi Kepustakaan
Penulisan dilakukan dengan cara menyimpulkan dari data-data  yang terdapat dari buku-buku yang menjadi referensi menyangkut sistem peminjaman buku  dan pengembalian buku , diktat atau catatan perkuliahan atau buku-buku lainnya yang berhubungan dengan penyusunan tugas akhir ini.

Sistematika Penulisan

    Buku Pra Tugas Akhir ini mempunyai kerangka sistematika penulisan sebagai berikut :
JUDUL
Judul yang dipilih adalah : “Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan SMA ATTHOLHAWIYAH Menggunakan PHP dan mysql .”
PENGESAHAN
Lembar Pengesahan dari dosen pembimbing dan penguji.
ABSTRAK
Berisi gambaran umum dan garis besar dari Pra Tugas Akhir ini.

BAB I             PENDAHULUAN
Bab ini membahas latar belakang masalah, permasalahan, tujuan penulisan, ruang lingkup / batasan masalah, metode penelitian dan sistematika penulisan.
     BAB II                        LANDASAN TEORI
Bab ini berisi tentang analisa berorientasi objek, perancangan berorientasi objek dan pengertian sistem yang dirancang dari teori pendukung lainnya. UML, PHP, My SQL.
     BAB III          ANALISA MASALAH DAN PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini akan dibahas mengenai tentang Perpustakaan SMA ATTHOLHAWIYAH, analisa program perspustakaan yang sudah ada disana, serta merancang sistem yang akan dibutuhkan demi meningkatkan efesiensi dari pekerjaan para pekerja dibidang perpustakaan yang ada disana.
     BAB IV          IMPLEMENTASI  DAN PENGUJIAN
Bab ini membahas mengena setiap hasil penelitian yang ditulis langsung serta diikuti pembahasan yang berkaitan dengan hasil tersebut.
     BAB V            PENUTUP
Merupakan bab terakhir yang berisi dari kesimpulan jawaban dari masalah yang diajukan oleh penulis, yang diperoleh dari penelitian dan saran yang ditunjukkan kepada pihak-pihak yang terkait sehubungan dengan hasil penelitian.

Pembuatan Website Rumah Makan Pondok kuliner menggunakan HTML

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah

          Seiring dengan berkembangnya Teknologi di era Globalisasi ini,kebutuhan akan penggunaan internet sangat meningkat. Selain mempermudahkan pemakai dalam mencari informasi, dapat juga sebagai  alat promosi yang cukup efektif bagi para pengusaha. Karena dengan mempromosikan barang atau jasanya melalui sarana internet khususnya web dapat memperkenalkan ke dunia luar tanpa harus keliling dunia.

             Bidang pemasaran merupakan hal yang cukup penting  dan perlu diperhatikan oleh suatu perusahaan, karena dari segi pemasaran perusahaan dapat mengetahui sejauh mana produk yang mereka hasilkan dapat diterima dan bersaing dipasaran,karena website menjadi salah satu alat promosi yang efektif dan efisien bagi perkembangan rumah makan itu sendiri. Dalam memperkenalkan baik rumah makan dan juga jenis-jenis makanan yang tersedia di rumah makan tersebut.

             Salah satunya rumah makan “PONDOK KULINER KHAS JAWA TIMURAN”  merupakan rumah makan yang cukup nyaman , berkualitas, service yang baik, serta harga yang terjangkau untuk di nikmati di setiap daerah. Istilah pondok kuliner itu sendiri hadir karena lokasi berada tepat di pinggir jalan raya yang cukup ramai.

 Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk dapat membuat sebuah Website yang di beri  judul “Pembuatan Website Rumah Makan Pondok kuliner menggunakan HTML”. 


 1.2. Rumusan Permasalahan
             Permasalahan yang diangkat dalam penulisan ilmiah ini adalah :
1.    Bagaimana membuat sebuah website yang memudahkan pengguna mendapatkan informasi tentang Rumah Makan Pondok kuliner ?
2.    Bagaimana membuat sebuah website yang menguntungkan bagi pedagang agar dapat mempromosikan dagangannya melalui media online ?

 1.3. Batasan Permasalahan
Dalam hal ini penulis hanya akan membahas mengenai pembuatan Web yaitu  untuk pemesanan, menu-menu makanan, profil rumah makan. Dengan sistem pembayaran bisa dilakukan dengan sistem cash on delivery (dibayar ketika barang diantarkan).

1.4. Tujuan Penulisan
          Tujuan umum penulis adalah
•      Untuk dapat memperoleh gambaran mengenai proses pembuatan suatu website
•      Dapat menjadi sarana untuk memperluas jangkauan pemasaran
•    Dapat menjadi sarana untuk mendeskripsikan aneka menu makanan kepada      pelanggan, yang tidak harus  berkunjung secara langsung
•      Dapat memperkenalkan rumah makan tersebut ke banyak orang.
•      Dapat mendisain web yang menarik agar para user atau pemakai
      tidak jenuh dengan web yang kita buat atau kita disain.

1.5. Metode Penelitian
        a. Studi Pustaka
            Metode penelitian dalam penulisan ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan penulisan ini, baik diperoleh dari majalah, buku, dan internet yang ada hubungannya dengan objek penelitian.

         b. Studi Lapangan
             Dengan melakukan observasi atau pengamatan secara langsung terhadap objek yang diteliti tanpa melalui perantara dan mewawancarai pemilik rumah makan tersebut secara langsung untuk memperoleh data yang akurat.

1.6. Sistematika Penulisan
          Penulis akan menguraikan Penulisan Ilmiah ini ke dalam 4 (empat) bab, yaitu:

BAB I : Pendahuluan
Pada bab ini dijelaskan mengenai latar belakang masalah, rumusan & batasan                         masalah, tujuan penulis, metode penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II : Landasan Teori
Bab ini menjelaskan mengenai landasan teori khusus dan teori umum yang mendukung atau berhubungan dengan perancangan HTML dan teori-teori pendukung dari HTML.
 
 BAB III : listing dan Output Proram
Di dalam bab ini dijelaskan tentang story board, sit map, dan pembahasan mengenai web. proses desain web rumah makan Pondok Kuliner, struktur navigasi web, hasil akhir berupa tampilan output dari web yang dikerjakan dalam penulisan ilmiah ini dan pengujian website, serta tentang publikasi Website.

BAB IV : Penutup
Bab ini berisi kesimpulan dan saran-saran untuk menyempurnakan
penulisan ilmiah pada bab-bab sebelumnya.
Daftar Pustaka : Daftar pustaka berisi sumber-sumber yang dipergunakan dalam penulisan makalah