BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Teknologi informasi telah
menghantarkan manusia pada satu tingkat peradaban baru, peradaban masyarakat
informasi. Salah satu hasil dari
teknologi yaitu Telepon. Dari terciptanya telepon sebagai alat komunikasi jarak
jauh dan terciptanya jaringan Internet secara global ini akhirnya mampu memicu
terciptanya suatu alat komunikasi yang mempunyai jangkauan luas, ringan dan menawarkan berbagai ragam
kemudahan. Dalam hal ini disebut sebagai HandPhone atau MobilePhone atau dalam
bahasa Indonesia biasa disebut dengan Telepon Genggam.
Di Indonesia sendiri saat ini telah
terdapat beragam Provider atau perusahaan penyedia layanan jaringan telepon,
khususnya telepon genggam. Dengan hadirnya penyedia layanan telpon ini akhirnya
memicu meningkatnya permintaan akan telepon genggam, sehingga akhirnya pihak
pembuat telepon itu sendiri berminat untuk menghadirkan berbagai merk, tipe dan
pelayanan dari produk mereka. Dengan terjadinya proses ini akhirnya jumlah,
bentuk dan merk dari telepon di Indonesia meningkat tajam.
1
|
Maka hadirnya system Perdagangan
on-line berbasis web tumbuh begitu cepat tanpa mengabaikan banyaknya alternatif
pembelian lain bagi bisnis dan konsumen.
Semua dasar
Penjualan ini menghadirkan peluang bagi sistem untuk melayani pelanggan dengan
lebih baik, menghantarkan nilai yang lebih tinggi, ketika semuanya memuaskan,
maka dijamin system ini akan mencapai kesuksesan dan menguntungkan
1.2. Pokok Masalah
Pokok
permasalahan kenapa mengangkat masalah handphone ini, karena handphone
merupakan salah satu dari bentuk teknologi yang sedang digemari saat ini.
Sehingga dengan demikian diharapkan sistem informasi ini dapat digunakan dengan
semaksimal mungkin dalam membantu masyarakat dalam mencari dan mengetahui
informasi perkembangan handphone yang sedang beredar di pasaran atau As-tians
cell, baik itu dari segi kualitas, baterai, bentuk dan fasilitasnya
1.2.1. Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan diatas,
maka perumusan masalah yang dapat diambil dalam sistem ini adalah :
- Bagaimana membuat Sistem yang membantu memasarkan produk yang ada disana Berdasarkan jenis, dan merk dari setiap spesifikasi produk dengan disertai harga dan gambar ?
- Bagaimana membuat sistem yang membantu para pengguna dalam mencari informasi harga dan produk handphone melalui media on-line ?
- Bagaimana membuat sistem transaksi yang efektif dan efesien sehingga mempermudah dan mempercepat konsumen dalam membeli produk handphone di rumahnya tanpa harus datang ke toko-toko handphone ?
1.2.2. Batasan Masalah
Kegiatan yang ada pada Toko
As-tians cell ini sangat kompleks, sehingga dalam penulisan Kuliah Kerja
Praktek (KKP) ini hanya membatasi pada sub bidang kegiatan memasarkan handphone
pada seluruh masyarakat khususnya daerah tanggerang selatan.
Sehubungan dengan permasalahan tersebut di atas, maka dapat disusun suatu
sistem yang sesuai dengan batasan
sebagai berikut :
1.
informasi lengkap mengenai handphone dan fasilitas yang
dimiliki, serta perkiraan harga pasar, baik harga baru, bekas dan ukurannya.
2.
Perancangan sistem ini, pembuatannya dengan menggunakan
usecase diagram, class diagram, sequence diagram, activity diagram dengan
menggunakan UML (Unified Modelling Language)
3.
Informasi mengenai merk handphone. menggunakan PHP
(Pretext Hyper Processer), dan database menggunakan MySQL.
4.
Sistem Pembayaran menggunakan cash on delivery, setoran
tunai dan transfer rekening bank.
5.
Sistem kemanan website meliputi penggunaan password dan
penggunaan session pada tiap halaman website.
1.3. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Untuk mencapai tujuan dan manfaat penelitian dalam perancangan sistem
Penjualan pada Toko As-tians Cell dapat diuraikan sebagai berikut.
1.3.1. Tujuan Penelitian
Tujuan dari
penulisan karya tulis ini adalah untuk membantu mengatasi permasalahan dalam
proses pengolahan sistem Penjualan Handphone di As-tians cell, sehingga
diharapkan dengan bantuan komputer dapat mempermudah seseorang untuk dapat
melihat atau membeli Handpone yang disukainya melalui internet, selain itu juga
akan membantu pihak As-tians cell dalam mempromosikan produk-produk Handphone
yang dimilikinya.
1.3.2. Manfaat Penelitian
Manfaat yang
diharapkan dari penyusunan kerja praktek ini adalah sebagai berikut:
a. Bagi Penulis
1. Menambah
pengetahuan dan wawasan bagi penulis tentang ilmu programming, teknologi
informasi dan hal-hal yang berkaitan dengan metodologi penulisan ini, khususnya
dalam hal pembuatan dan pengembangan program aplikasi sistem informasi.
2. Untuk
menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh selama berjual handphone
di toko.
3. Membuat
dan menghasilkan sistem yang bermanfaat bagi toko As-tians cell
b. Bagi pihak pengguna
1.
Memudahkan pengguna dalam hal pencarian informasi
mengenai harga dan produk handphone yang di perlukan.
2.
Menambah wawasan dalam ilmu komputerisasi dalam arti
aplikasi yang dibuat bisa memberikan solusi yang tepat.
c.
Bagi Toko As-tians cell.
1.
Membantu petugas toko dalam hal mempublikasikan
produk-produk handphone yang ada.
2.
Membantu mempublikasikan/memperkenalkan tentang toko
As-tians cell kepada masyarakat khususnya daerah bintaro tanggerang selatan.
1.4. Metode Pengumpulan Data
a) Metode
Observasi
Penulis melakukan kerja praktek di Toko As-tians cell untuk memperoleh
data yang diperlukan dalam penyusunan laporan dengan pengamatan langsung
dilapangan.
b) Metode
Wawancara
Penulis melakukan proses Tanya jawab kepada pemilik Toko, dimana obyek
penelitian dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat.
c) Metode
Pustaka
Metode ini ditujukan untuk memperoleh referensi yang mendukung kearah
penyelesaian dari permasalahan yang ada dan untuk mempelajari langkah-langkah
pembuatan keseluruhan karya tulis secara baik.
d) Metode
Waterfall
Metode waterfall merupakan metode yang sering
digunakan oleh penganalisa sistem pada umumnya. Inti dari metode waterfall adalah
pengerjaan dari suatu sistem dilakukan secara berurutan atau secara linear.
Jadi jika langkah ke-1 belum dikerjakan, maka langkah 2 tidak dapat dikerjakan.
Jika langkah ke-2 belum dikerjakan maka langkah ke-3 juga tidak dapat
dikerjakan, begitu seterusnya. Secara otomatis langkah ke-3 akan bisa dilakukan
jika langkah ke-1 dan ke-2 sudah dilakukan.
Secara garis
besar metode waterfall mempunyai langkah-langkah sebagai berikut :
Analisa, Desain, Penulisan, Pengujian dan Penerapan
1.5. Sistematika Penulisan
Sistematika dalam penulisan Kuliah Kerja Praktek (KKP) “Perancangan
Sistem Informasi Penjualan Pada Toko As-tians cell Menggunakan PHP dan MySQL”
adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah,
tujuan penulisan karya tulis, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan karya tulis.
BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini menjelaskan tentang teori-teori PHP, MYSQL, HTML, dremweaver, XMPP, UML, pengertian Penjualan,
World Wide Web, Sistem Informasi serta teori-teori lain yang digunakan untuk
mendukung penganalisaan dan perancangan sistem.
BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini akan dibahas masalah analisa dan perancangan sistem
yang dibuat, mulai dari pembuatan diagram use case, diagram class sistem, sequence dan aktivity, penjelasan sistem serta
perancangan berkas yang dibutuhkan, perancangan keluaran dan sejarah profil
As-tians cell.
BAB IV PENUTUP
Dalam bab penutup ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang ada
kaitanya dengan “Sistem Informasi
Penjualan Handphone Pada As-tians cell”.