ASSALAMUALAIKUM...

Sabtu, 11 April 2015

sistem perpustakaan online at-tholhawiyah


 

PENDAHULUAN

Latar Belakang

                 Pada saat sekarang ini, perpustakaan SMA-ATTHOLHAWIYAH masih menggunakan sistem katalog manual yang berbentuk buku dan kartu-kartu yang berisi data-data buku. Sistem ini sudah dianggap tidak efisien lagi mengingat pesatnya peningkatan jumlah buku sebanyak 17.076 judul/ 16.758 exemplar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu program database realtime via web browser yang dapat diakses oleh siswa baik dari sma ATTHOLHAWIYAH maupun rumah.
Pemanfaatan teknologi internet dimaksudkan untuk kebutuhan akan penyampaian dan pencarian informasi yang cepat, sebab internet sebagai jaringan yang sangat luas merupakan sarana yang efektif dan efisien untuk penyampaian dan pencarian informasi.
Pada Pra Tugas akhir ini dibuat suatu sistem informasi perpustakaan berbasis web secara online. Sistem database realtime ini dirasa sangat efektif karena dirancang untuk  memberikan pelayanan berupa informasi tentang buku-buku yang tersedia beserta isinya, sehingga user dapat mengetahui / mencari buku yang dimaksud dengan hanya meng-klik mouse.

Rumusan Permasalahan

Berdasarkan permasalahan diatas, maka perumusan masalah yang dapat diambil dalam sistem ini adalah :
1.   Bagaimana membuat Sistem yang membantu perpustakaan yang ada disana  dalam hal pengolahan bahan pustaka.
2.   Bagaimana membuat sistem yang efektif dan efesien sehingga mempercepat kinerja para pustakawan dalam hal mempublikasikan sebuah bahan pustaka.
3.   Bagaimana membuat sistem yang membantu para pengguna informasi dalam pencari bahan pustaka.

Tujuan

Tujuan dari penelitian ini tentang sistem perpustakaan berbasis web pada perpustakaan SMA ATTHOLHAWIYAH adalah;
1.      Membuat aplikasi yang dapat mengelola bahan pustaka yang lebih efesien guna mendukung kinerja TA para pustakawan yang ada disana
2.      Membuat aplikasi yang dapat diakses oleh banyak pihak baik itu dari pihak dalam maupun dari pihak luar
3.      Membuat aplikasi yang dapat memberikan informasi TA yang ada di SMA ATTHOLHAWIYAH khususnya dalam bidang perpustakaan

Batasan masalah

               Dalam pembuatan Pra Tugas akhir ini dititik beratkan pada komunikasi data pada web interaktif untuk pencarian buku secara online dengan menggunakan sistem database MySQL dan bahasa script PHP serta tampilan (layout) web site dengan Macromedia Dreamweaver, yang kesemuanya dirancang dengan menggunakan sistem operasi linux. Alasan penulis menggunakan PHP adalah karena PHP merupakan freeware sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya, fasilitas trace kesalahan yang mudah dilakukan dan dipahami dalam browser, mudah dikoneksikan dengan database serta memiliki tingkat sekuritas yang tinggi.


Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan dari penyusunan Tugas akhir ini adalah sebagai berikut:
a.       Bagi Penulis
1.      Menambah pengetahuan dan wawasan bagi penulus tentang ilmu programming, teknologi informasi dan hal-hal yang berkaitan dengan metodologi penulisan ini, khususnya dalam hal pembuatan dan pengembangan program aplikasi sistem informasi.
2.      Untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh selama duduk dibangku SMA attholhawiyah.
3.      Membuat dan menghasilkan sistem yang bermanfaat bagi perpustakaan SMA ATTHOLHAWIYAH
b.      Bagi pihak pengguna
1.      Memudahkan pengguna dalam hal pencarian informasi mengenai bahan pustaka yang sedang di perlukan.
2.      Menambah wawasan dalam ilmu komputerisasi dalam arti aplikasi yang dibuat bisa memberikan solusi yang tepat.
c.          Bagi Perpustakaan SMA ATTHOLHAWIYAH
1.      Membantu petugas perpustakaan dalam hal mempublikasikan bahan pustaka
2.      Membantu dalam hal memberikan informasi yang ada di perpustakaan kepada para pengguna sistem informasi perpustakaan online ini.

Metode Penelitian

Dalam penulisan ini, penyusun menggunakan beberapa cara. Diantaranya :
1)      Observasi
Dalam hal ini penulis mangadakan tinjauan langsung ke lapangan sehingga penulis dapat mengetahui urutan proses peminjaman buku dan pengembalian buku.

2)      Wawancara
Wawancara dilakukan untuk mengetahui masalah yang timbul dan yang di alami langsung oleh bagian-bagian yang bersangkutan. Dalam TA ini diajukan pertanyaan lisan untuk melengkapi data-data yang akan diperoleh. Wawancara dilakukan pada bagian-bagian yang terkait dengan sistem simpan pinjam.

3)      Studi Kepustakaan
Penulisan dilakukan dengan cara menyimpulkan dari data-data  yang terdapat dari buku-buku yang menjadi referensi menyangkut sistem peminjaman buku  dan pengembalian buku , diktat atau catatan perkuliahan atau buku-buku lainnya yang berhubungan dengan penyusunan tugas akhir ini.

Sistematika Penulisan

    Buku Pra Tugas Akhir ini mempunyai kerangka sistematika penulisan sebagai berikut :
JUDUL
Judul yang dipilih adalah : “Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan SMA ATTHOLHAWIYAH Menggunakan PHP dan mysql .”
PENGESAHAN
Lembar Pengesahan dari dosen pembimbing dan penguji.
ABSTRAK
Berisi gambaran umum dan garis besar dari Pra Tugas Akhir ini.

BAB I             PENDAHULUAN
Bab ini membahas latar belakang masalah, permasalahan, tujuan penulisan, ruang lingkup / batasan masalah, metode penelitian dan sistematika penulisan.
     BAB II                        LANDASAN TEORI
Bab ini berisi tentang analisa berorientasi objek, perancangan berorientasi objek dan pengertian sistem yang dirancang dari teori pendukung lainnya. UML, PHP, My SQL.
     BAB III          ANALISA MASALAH DAN PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini akan dibahas mengenai tentang Perpustakaan SMA ATTHOLHAWIYAH, analisa program perspustakaan yang sudah ada disana, serta merancang sistem yang akan dibutuhkan demi meningkatkan efesiensi dari pekerjaan para pekerja dibidang perpustakaan yang ada disana.
     BAB IV          IMPLEMENTASI  DAN PENGUJIAN
Bab ini membahas mengena setiap hasil penelitian yang ditulis langsung serta diikuti pembahasan yang berkaitan dengan hasil tersebut.
     BAB V            PENUTUP
Merupakan bab terakhir yang berisi dari kesimpulan jawaban dari masalah yang diajukan oleh penulis, yang diperoleh dari penelitian dan saran yang ditunjukkan kepada pihak-pihak yang terkait sehubungan dengan hasil penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar