BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Era globalisasi telah menuntut adanya perubahan
paradigma lama dalam segala bidang, salah satunya adalah bidang pemasaran.
Semakin tingginya tingkat persaingan di bisnis lokal maupun global dan kondisi
ketidakpastian memaksa perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif agar mampu memenangkan persaingan di bisnis
global..
Pesaing
yang dihadapi sebuah industri tidak lagi datang dari kawasan atau wilayah
geografis setempat, tetapi raksasa global dari mancanegara hadir untuk saling
berebut pasar. Setiap industri mengalami globalisasi yang dipicu oleh 4 faktor
utama yaitu Cutomers, Cost, Country,
dan Competition.
Pada saat
ini banyak bermunculan perusahaan – perusahaan yang beragam bentuk usahanya,
yang menandakan bahwa dunia usaha semakin maju. Dalam mengembangkan usahanya
suatu perusahaan harus juga memperhatikan unsur – unsur penting dalam manajemen
pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi, dan promosi
Pemasaran
umumnya dilihat sebagai tugas menciptakan, mempromosikan, serta menyerahkan
barang dan jasa kepada konsumen.
Pemasaran
merupakan inti dari seluruh aktivitas bisnis, karena pemasaran merupakan
penghubung antara perusahaan dan konsumen
Promosi
merupakan salah satu variabel dari bauran pemasaran yang sangat penting, yang
dilaksanakan oleh perusahaan, dalam memasarkan produk atau jasanya. Tanpa
promosi keberadaan produk kurang mendapat perhatian dari konsumen atau bahkan
konsumen tidak tahu sama sekali mengenai produk tersebut.
Pada
umumnya perusahaan akan selalu berusaha untuk tetap berkembang serta mampu
bersaing untuk mencapai tujuan perusahaan. Agar tujuan perusahaan dapat
tercapai diperlukan strategi promosi yang efektif. Kegiatan promosi yang
dilakukan oleh suatu perusahaan tentu saja memerlukan anggaran yang cukup
memadai agar tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan penjualan dapat
tercapai. Sasaran promosi dapat tercapai apabila perusahaan menganggarkan biaya
promosi yang memadai, dan dengan adanya biaya promosi yang memadai diharapkan dapat
membantu perusahaan dalam memasarkan produknya.
Berdasarkan gambaran umum permasalahan di atas,
penulis tertarik untuk membahas masalah biaya promosi yang dikaitan dengan penjualan
dengan mengambil judul penelitian “Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume
Penjualan Genteng Pada PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi”
1.2
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis
dalam hal ini mengidentifikasikan masalah sebagai berikut :
1.
Bagaimanakah Biaya Promosi pada PT. Genteng Maher
Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang
Sukabumi
2.
Bagaimanakah
Volume Penjualan Genteng pada PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi
3.
Bagaimanakah Pengaruh Biaya Promosi terhadap Volume
Penjualan Genteng pada PT. Genteng Maher
Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi
1.3
Maksud dan
Tujuan Penelitian
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah
yang dipaparkan di atas, maksud dari penelitian yang penulis lakukan adalah
untuk mengetahui pengaruh Biaya Promosi dalam meningkatkan penjualan Genteng pada
PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi
Adapun tujuan penelitian ini adalah :
1.
Untuk mengetahui bagaimana perusahaan melakukan
kegiatan promosi terhadap produk yang dipasarkannya serta Biaya Promosi yang telah
dianggarkan oleh PT. Genteng Maher
Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang
Sukabumi
2.
Untuk mengetahui Volume Penjualan Genteng pada PT.
Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon
Cabang Sukabumi
3.
Untuk mengetahui Pengaruh Biaya Promosi terhadap Volume
Penjualan Genteng pada PT. Genteng Maher
Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi
1.4
Manfaat
Penelitian
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, diharapkan
akan bermanfaat bagi penulis dan perusahaan selaku obyek penelitian. Adapun
kegunaan penelitian ini adalah :
1.
Manfaat Teoritis, diharapkan penelitian ini dapat
menambah pengetahuan ilmiah dan pengalaman, terutama dalam mengaplikasikan
teori yang diterima di perguruan tinggi dengan praktek yang ada di Perusahaan.
2.
Manfaat Praktis,
sebagai masukan bagi perusahaan mengenai pengaruh Biaya Promosi dalam
meningkatkan penjualan genteng pada
PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi
1.5
Kerangka
Pemikiran
Berdasarkan atas identifikasi masalah yang menfokuskan
pada pengaruh Biaya Promosi dalam meningkatkan Volume Penjualan, maka dalam
penelitian ini penulis menggambarkan kerangka pemikiran sebagai berikut :
![]() |
Gambar 1.1 Kerangka
Pemikiran
Kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan merupakan
gabungan dari unsur bauran promosi yang terdiri dari advertising, sales
promotion, Personal selling, dan publisitas. Sedangan volume penjualan
terdiri atas konsumen. yang mempengaruhi penjualan melalui daya beli dan selera
pasar.
Perumusan
hipotesis penelitian merupakan langkah selanjutnya setelah peneliti
mengemukakan kerangka pemikiran. Pengertian hipotesis menurut sugiyono (2006 :
51) “hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian
“.
Berdasarkan uraian diatas, maka dalam penelitian ini
hipotesisnya adalah “terdapat hubungan yang signifikan antara Biaya Promosi dan
meningkatnya volume penjualan
1.6
Sistematika
Penulisan
Untuk mempermudah jalannya penganalisaan dan membantu
penulis dalam merumuskan kesimpulan maka perlu adanya sistematika pembahasan
sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini merupakan bab pendahuluan yang menguraikan
permasalahan-permasalahan secara ringkas yang meliputi : Latar belakang
penelitian, identifikasi masalah, maksud dan tujuan penelitian, kegunaan
penelitian dan manfaat penelitian, sistematika penulisan, serta lokasi dan
waktu penelitian.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Dalam bab ini penulis membahas materi yang bersifat teoritis, yang
merupakan penjelasan-penjelasan dari buku-buku yang berhubungan dengan masalah
yang diteliti yaitu Manajemen Pemasaran serta Biaya Promosi dan Volume
Penjualan.
BAB III METODE PENELITIAN
Pada bab ini
membahas tentang objek penelitian dan metodologi penelitian yang terdiri dari
desain penelitian, variabel penelitian, operasional variabel, jenis dan teknik
pengumpulan data, serta Tekhnik analisa data dengan menggunakan analisa
statistik
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Bab
ini membahas sejarah perusahaan dan struktur organisasi perusahaan, dan
merupakan inti dari pembahasan dan menganalisa hasil penelitian yang meliputi pengaruh
Biaya Promosi terhadap volume penjualan
pada PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi
Cirebon. Cabang
Sukabumi
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini adalah bab
terakhir yang berisikan kesimpulan hasil penelitian berdasarkan kesimpulan
tersebut dikemukakan beberapa saran yang ditujukan kepada berbagai pihak.
1.7
Lokasi dan
Waktu Penelitian
Proses penelitian yang dilakukan penulis
berlokasi di PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang
Sukabumi, Jalan Pelabuhan II No. 654 KM. 6 Kota Sukabumi. Waktu pelaksanaan
penelitian di mulai dari tanggal 20 Oktober
s.d 25 November 2007.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar